Penanaman Konvesional

                     

                   Menurut saya pribadi ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum penanaman tanaman sayuran di halaman rumah secara konvesional adalah  Pemilihan areal tanam, persiapan dan pengolahan lahan tanam dan penyedian bahan tanaman.
Pemilihan areal tanaman adalah membagi halaman sesuai dengan keragaman tanaman sayuran yang akan ditanam.

Persiapan dan pengolahan lahan tanam.

  • setelah jenis dan tipe tanaman sayuran yang sesuai dengan kondisi lahan di peroleh, kegiatan selanjutnya adalah mempersiapkan lahan sebagai areal tanam.
  • pemberian kompos , kompos adalah bahan bahan organik yang telah mengalamai proses pembusukan dan pelapukan karena adanya bakteri pembusuk yang bekerja di dalamnya.
Bagaimana cara pembuatannya ?
  • Setelah semua bahan tersedia, proses pembuatannya bisa dilakukan dengan mengikuti langkah langkah di bawah ini.
  1. Tutup drum atau tong plastik dilubangi sebanyak empat buah dengan diameter 4 inc. lubang ini di gunakan untuk memasang pipa , bagian bawahannya juga dilubangi dengan diameter yang sama, sebanyak 4-5 buah kemudian ditutup kasa plastik sebagai jalan keluarnya.
  2. Pipa paralon dilubangi sebesar 5 mm dengan jarak antar lubang sekitar 5 cm. tong plastik atau drum juga dilubangi sebesar 5 mm dengan jarak anatar lubang sekitar 10 cm. lubang lubang ini di buat untuk sirkulasi udara.
  3. Ujung Pipa paralon bagian luar ditutup kasa plastik sebagai jalan sirkulasi udara.
  4. Pasang pipa paralon pada empat sudut tong plastik atau drum, tepat pada posisi lubang yang ada di tutup. Tanam tong plastik atau drum di tanah. tempatkan pada bagian  yang tidak  terkena hujan secara langsung. 
  5. Isikan tong plastik atau drum dengan sampah organik yang berasal dari samapah rumah tangga.
  6. Tepi tong plastik atau drum ditutup dengan batu kerikil setebal 15 cm. demikian juga dengan sekeliling pipa paralon.
  7. Ayoo kita praktik hehe

Tambahkan Komentar Sembunyikan