Tips dan Trik Lulus Sekolah Kedinasan


'Jangan pernah berhenti untuk berusaha karena dengan berhenti berusaha, maka kita tidak lebih dari seorang pengecut'  : Bambang Pamungkas .
Baik Kali ini saya berbagi pengalaman dan pengetahuan saya mengenai tips dan trik masuk Sekolah Kedinasan, Kenapa saya ingin berbagi ? karena sya ingin ilmu saya bermanfaat untuk semua orang, sedikit cerita dulu saya mencoba daftar ke Akademi Militer, Secaba TNI AD dan Secaba TNI Polri, akan tetapi Nasib dan rezeki saya bukan disitu hehe. 
Sebelumnya, Kita pasti sudah mengetahui tentang perguruan tinggi kedinasan (PTK) yang merupakan alternatif pilihan sebagian  anak anak SMA  selain masuk PTN atau PTS yang notabene biaya kuliahnya semakin mahal. PTK marupakan solusi praktis bagi anak-anak yang pintar tetapi kemampuan ekonomi keluarganya lemah. Jadi ada kesempatan untuk melanjutkan kuliah.
PTK merupakan perguruan tinggi milik pemerintah maupun swasta dengan sistem pendidikan kedinasan dimana di dalam pendidikan tersebut peserta didik tidak dipungut biaya alias Gratis, bahkan lebih menggembirakan lagi setelah lulus pendidikan langsung penempatan kerja. Menarik Bukan..?
Contoh Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) milik pemerintah adalah STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara), IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), AIM (Akademi Ilmu Imigrasi), AKIP (Akademi Ilmu Pemasyarakatan), AMG (Akademi Mateorologi dan Geofisika), STP (Sekolah Tinggi Perikanan), STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik), STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat), STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) dan masih banyak yang lain. Sedangkan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) milik swasta adalah Poltek-GT (Politeknik Gajah Tunggal).
Nah, Langsung saja saya kasih tau bagaimana tips dan trik menyiasati seleksi masuk Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ? Berikut ini adalah tips dan trik menyiasati seleksi masuk perguruan tinggi kedinasan :
1) Tes Administrasi : Adik Adik  jauh jauh hari harus mempersiapkan Semua Persyaratan Adm. yang di bawah ini hehe ;
– Menjaga nilai akademis selama di SLTA, rata-rata nilai > 8.00
– Lulus SLTA dengan memaksimalkan nilai UAS dan UN
– Mengirimkan berkas lamaran jauh-jauh hari sebelum batas waktu yang ditentukan
– Umur Minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan
– Kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan;
1. Bikin dan daftar SKCK Perbanyak Foto Copy SKCK /SKKB (dilegalisir) * pendaftaran di Polres anda berada
2. Perbanyak Foto Copy Kartu Keluarga (dilegalisir) *pendaftaran di Dinas  Kependudukan dan catatan sipil
3. Surat Keterangan belum Menikah (dilegalisir) * Pendftran di KUA anda berada
4. Foto Copy KTP orang tua dan yang bersangkutan *pendaftaran di Dinas  Kependudukan dan catatan sipil 
5. Foto Copy Akte Kelahiran (dilegalisir) *pendaftaran di Dinas  Kependudukan dan catatan sipil 
6. Biasanya Mulai tahun tahun sekarang Pendaftaran seleksi Administrasi, melalui Online, dengan link masing masing instansi,  pokoknya siapkan  Persyaratan  hard copy dan soft copy utk di upload..
2) Tes Kesehatan,
– Sebaiknya sebelum test berlangsung, lakukan pemeriksaan diri secara keseluruhan di Rumah Sakit atau Klinik, Lakukan general chek up Test kesehtan Luar diantaranya : tes  mata, Buta warna, Gigi & mulut, THT, Tekanan darah, postur, varises ,varikokel, tinggi serta berat badan dll dan lakukan juga general chek up test keshatan Dalam diantaranya : rontgen paru-paru, detak jantung,Urine . Darah dll ( Untuk Chek Up keshatan – Berpuasa tidak makan sejak pukul 21.00 WIB pada malam sebelum tes berlangsung hingga telah menjalani test urine. )
– Setelah mengetahui penyakit-penyakit yang dapat menggugurkan kita pada test kesehatan, Segera !  berobatlah dan konsultasikan dengan dokter .
3) Tes Kesamaptaan
– Lakukan latihan rutin seminggu minimal 3 kali. Meliputi tes ketahanan lari 12 menit (kriteria nilai paling besar),  sedikit saya kasih tips untuk bagi pemula agar mempunyai daya tahan yang bagus, lakukan Latihan secara rutin kalau bisa latihan siang hari . ( Jika kalian tidak pernah latihan secara rutin, kalian tidak akan lulus !)
lakukan juga latihan push up, pull up, sit up . * Tips Kalian harus lakukan latihan push up, pull up, sit up (setiap selsai shalat 5 Waktu ), shuttle run (lari angka delapan), terakhir renang sejauh +  25 / 50 meter dengan gaya apa saja ( Usahakan Gaya Katak ).
– Sebelum melaksanakan test sebaiknya tidak mempunyai hambatan-hambatan secara jasmani
– Jangan sekali-kali meminum minuman suplemen penambah energi
- Intinya Lakukan latihan Fisik secara rutin dan kalau bisa cari guru untuk belajar hehe
4) Tes Psikology (psycotest)
– Sebaiknya mempersiapkan dan mempelajari materi-materi yang biasanya diujikan.Belajarlah kepada guru atau cari pelatihan psikotes .
– Istirahat dan makan makanan yang bergizi dilakukan sebelum test– Persiapan fisik dan mental- berdoa

5) Tes Wawancara (interview), kalian harus mempersiapakan materi diantaranya Hapalkan UUD, Pengetahuan Tentang PKI, Sejarah , Lagu2 Wajib dan Yang Penting adalah Mental Ideologi anda!.
– Memakai pakaian yang formal dan berpenampilan rapi menggunakan kemeja putih lengan panjang, celana warna hitam, memaki sepatu PDH (pantofel)
– Seantiasa menjaga kesopanan
– Memperlihatkan adab bicara yang baik
– Tidak hanya melakukan komunikasi secara verbal tetapi juga komunikasi mata
– Tidak memotong pembicaraan
– Menjawab seperlunya saja
– Menunjukkan tekat kita yang besar untuk menjadi mahasiswa /taruna dari PTK yang kita pilih tersebut
6) Tes Akademis (Ujian Tertulis)
– Banyak berlatih mata pelajaran yang diujikan
– Sebaiknya mempelajari soal-soal akademik (test tertulis) yang diujikan beberapa tahun sebelumnya, biasanya soal sejenis akan kembali diujikan.
– Senantiasa menjaga ketenangan /kesiapan metal (jangan terburu-buru)
– Mendahulukan soal-soal yang mudah baru kemudian soal-soal yang sulit.
– Jangan terpaku pada suatu soal sulit yang belum kita temukan jawabannya, sedangkan telah banyak waktu yang sudah terbuang sia-sia.
7) Tes Parade (Tes PBB)
– Meminta bimbingan kepada orang yang ahli dalam hal ini;
– Berlatih serius
– Lakukan yang terbaik
8) Tes Mental Ideologi
Merupakan tes mengenai Pengetahuan dan sikap mental kita terhadap ideologi dan keberadaan NKRI
– Mengisi soal dan jawaban jujur (katakan tidak tahu bila memang seperti itu keadaannya)
– Jawaban harus tegas dan jelas juga mencerminkan kesetiaan penuh terhadap NKRI
– Menyetujui setiap kebijakan pemerintah meskipun kamu sendiri bimbang
– Menolak apapun bentuknya orgnisasi separatis deperti PKI, DI /TII.
– Harus mengetahui data-data pribadi secara keseluruhan Ayah dan Ibu (tanggal lahir, pekerjaan, saudra kandung, Organisasi yang pernah diikuti)
9) Tes Ketrampilan
Menguji keterampilan seseorang yang menunjang, yaitu: Komputer & Bahasa Inggris
– Perbanyak latihan conversation dan aplikasi penggunaan komputer ataupun perlengkapan lain yang sekiranya mendukung kerja dinas.
10) Penentuan tahap Akhir (Pantukhir)
– Merupakan tes tingkat pusat dan biasanya semua tes diatas diulang kembali bahkan ditambah dengan KESWA (kesehatan jiwa).
Semoga Bermanfaat..!

Tambahkan Komentar Sembunyikan